True CSR

Pasti sudah banyak yang dengar istilah ini. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, jika diartikan dalam Bahasa. Hanya kali ini saya sedikit segan membahas etimologi istilah ini. Pertanyaan saya, mana sih yang lebih penting: Melakukan program Corporate Social Responsibility atau Kejujuran? Dalam banyak hal, perusahaan-perusahaan melakukan kecurangan dan ketidakadilan dalam memasarkan produknya. Menyampaikan kebohongan dalam iklan-iklannya. Melebih-lebihkan keunggulan produknya dan pada saat yang sama memberi citra buruk kepada competitor-nya, memberikan kalimat-kalimat yang membodohkan bahkan melangkah jauh lebih tinggi dari Tuhannya.

Bagaimanapun, good thing is a good thing. CSR adalah suatu tindakan yang baik untuk dilakukan suatu perusahaan, karena begitu banyak manfaatnya bagi masyarakat. Namun banyak yang mengartikan terminologi ‘Business Ethics‘ dengan ‘Corporate Social Responsibility’. Yang terjadi, “Kenapa kami (perusahaan) mesti berbisnis secara beretika, kenapa kami mesti jujur dalam beriklan, kan kami sudah melaksanakan program-program CSR?”

Maka, jangan terkaget jika anda datang ke suatu perusahaan layanan provider telekomunikasi, yang ruang tunggunya dipenuhi dengan poster-poster besar kegiatan CSR tapi anda akan tetap di manipulasi dan dicurangi. Karena Etika dalam perusahaan tersebut telah tersubsitusi dengan kegiatan sosial yang bernama Corporate Social Responsibility. (ron)